Referensi Hal Bermanfaat Untuk Pembaca

6 Penyebab Keguguran Yang Wajib Anda Hindari

Susanti Blog - Kehamilan adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan, tetapi ada juga hal yang menjadi ancaman bagi kehamilan yang perlu anda ketahui, yaitu keguguran. Penyebab keguguran sendiri cukup banyak dan perlu di waspadai agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Penyebab Keguguran

Keguguran sendiri bisa terjadi karena banyak hal, bahkan sesuatu yang belum pernah anda bayangkan juga bisa menjadi penyebab keguguran yang terjadi pada kehamilan usia muda. Ingin tahu apa saja penyebab kehamilan yang perlu anda jauhi? Yuk simak ulasan nya berikut ini:

1. Ibu yang Perokok


Ibu yang suka merokok rentang mengalami keguguran karena nutrisi yang seharusnya sampai pada janin tidak bisa masuk ke aliran darah sehingga bayi tersebut kekurangan makanan dan oksigen. Karena itulah anda perlu menghindari penyebab keguguran yang wajib anda hindari ini agar janin anda tetap sehat.

2. Stress dan Kelelahan Hebat


Lelah saat hamil adalah hal wajar, tetapi jangan sampai anda mengalami stress dan kelelahan hebat karena bisa membuat pembuluh darah menyempit dan suplay darah serta oksigen menjadi terganggu. Hal ini menyebabkan kontraksi rahim dan kekuguran, cara mengatasinya jika terjadi hal seperti ini adalah dengan mengkonsumsi obat yang bisa menghilangkan kontraksi, jadi segera pergi ke dokter.

3. Infeksi Rahim


Hal ini biasanya terjadi karena bakteri yang merangsang terjadinya kontraksi pada rahim sehingga menyebabkan bayi lahir lebih awal atau keguguran. Wanita hamil yang mengalami banyak keputihan sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan atau menyebabkan infeksi pada janin.

4. Defisiensi Gizi

Ibu hamil biasanya membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibanding wanita normal, karena itulah ibu hamil harus terus menjaga gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa tetap sehat. Dua zat gizi yang paling penting adalah asam folat dan zat besi, karena itulah anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua zat tersebut.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua zat tersebut, anda juga harus tahu bahwa ada makanan yang dihindari saat hamil agar tidak terjadi keguguran. Misalnya jangan mengkonsumsi nanas ketika hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

5. Polusi Tinggi

Jika anda tinggal di daerah perkotaan, biasanya terjadi polusi yang cukup tinggi pada air yang dikonsumsi misalnya. Karena itulah anda harus mengkonsumsi air yang berkualitas baik agar tidak terjadi keguguran yang tidak di inginkan hanya karena polusi yang terjadi.

6. Hindari Makanan Ini

Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan, anda perlu tahu makanan yang dihindari saat hamil seperti nanas, kepiting, buah delima, dan masih banyak makanan lainnya. Karena itulah anda perlu mengetahuinya agar janin di dalam rahim anda bisa sehat dan tidak keluar sebelum waktunya.

Ada banyak hal yang mungkin bisa menjadi penyebab keguguran yang wajib anda hindari, karena itulah anda harus berkonsultasi dengan dokter dan mengetahui makanan apa saja yang diperbolehkan untuk seorang ibu hamil konsumsi agar anda tidak salah langkah.

Apalagi di awal kehamilan biasanya janin masih lemah sehingga tidak bisa merekat kuat pada rahim dan membuatnya runtuh. Jika hal ini terjadi, akan sulit untuk mempertahankan janin anda untuk tumbuh lebih baik lagi, karena itulah anda perlu berhati-hati dalam menjaga janin dengan menghindari 6 hal yang telah kami sebutkan di atas.

Itulah 6 hal yang bisa menyebabkan keguguran, jadi hindari dan check up ke dokter secara rutin agar janin anda bisa tumbuh dengan baik, terima kasih.



0 komentar:

Posting Komentar