Referensi Hal Bermanfaat Untuk Pembaca

Perkembangan Anak 5 Bulan yang Wajib Orangtua Ketahui

Susanti Blog - Perkembangan anak 5 bulan adalah perkembangan yang sangat penting karena pada fase ini anak-anak ada yang baru bisa merangkak dan ada juga yang sudah bisa duduk dengan sendirinya. Terlepas itu semua, orang tua harus paham betul bahwa setiap anak itu unik memiliki daya tumbuh kembang yang berbeda-beda. Jadi Ayah Bunda jangan pernah membandingkan anaknya dengan anak orang lainnya.

Perkembangan Anak 5 Bulan

Kenapa saya bilang setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda ? yang harus orang tua pahami betul adalah faktor pendukung dan pembeda setiap anak dalam masa tumbuh kembangnya. Tidak mungkin setiap anak mengkonsumsi makanan yang sama, dan kasih sayang setiap orang tua itu berbeda-beda. Ada orang tua yang cuek dengan anaknya, ada juga orang tua yang peduli dengan anaknya. Sebagai contohnya orang tua mengajarkan bagaimana cara merangkak, duduk, berjalan, dan lain-lain dengan catatan tidak memaksakan.

Perkembangan anak dari bulan ke bulan sangat bervariasi, sebagai contoh anak saya sudah dapat berjalan tanpa merembet ke dinding pada usia 9 bulan. Termasuk cepat tumbuh kembang yang terjadi pada anak saya, Alhamdulillah sekarang usianya hampir menginjak 2 tahun dan hampir lancar berbicara.

Penghambat perkembangan anak biasanya terjadi jika anak susah makan, tidur tidak teratur dan jarang sekali minum air putih. Ayah bunda harus cari solusi jika anak anda mengalami gejala seperti itu, bisa membawa anak ke dokter spesialis anak san bayi. Jika anak anda dibawa ke dokter umum tidak akan maksimal karena dokter tersebut bukan khusus menangani anak-anak. Obat yang diberikan juga pasti berbeda-beda jika anda ke rumah sakit umum.

Untuk Ayah Bunda yang telah memutuskan untuk membawa si kecil ke dokter spesialis anak, pahami betul kondisi anaknya. Bisa saja memang perkembangan si kecil terbilang agak lambat dan menjadi orang tua sebaiknya sabar dan menunggu. Jika telah memasuki usia anak 2 tahun tetapi anak belum bisa duduk atau berjalan maka anda harus segera membawa anak ke dokter spesialis anak terdekat.

Perkembangan Normal Anak 5 Bulan


Sebenarnya apa saja yang dapat anak lakukan saat berusia 5 bulan ? simak terus artikel ini hingga tuntas. Berikut ini adalah tumbuh kembang atau fase pertumbuhan anak pada saat berusia 5 bulan :

1. Bisa Merangkak
Kebanyakan anak pada usia 5 bulan sudah dapat merangkak dengan baik dan mulai mencoba-coba untuk duduk. Para orang tua harus siap siaga dalam mengawa si kecil karena resiko jatuh sudah mulai ada.

2. Mulai Duduk
Ada sebagian bayi usia 5 bulan mulai duduk, walaupun duduknya masih kurang sempurna karena lebih condong merangkak. Ada juga bayi yang sudah mulai berdiri dan mulai merembet.

3. Mengeluarkan Suara
Entah apa yang diucapkan oleh si kecil, kebanyakan kata-kata yang sulit dimengerti oleh orang dewasa. Dan ada juga yang terkesa sedang bernyanyi padahal si kecil tidak bisa.

4. Mulai Berdiri
Sebagian kecil anak-anak pada usia 5 bulan sudah mulai berdiri, hanya anak-anak yang pertumbuhannya cepat bisa berdiri walapun masih tergolong tidak tegap dan kebanyakan memegang.

5. Meraih Benda Sekitar
Padafase ini para orang tua harus waspada, karena anak sudah mulai merangkak dan menjangkau apa saja benda yang berada disekitarnya. Dan yang menjadi masalah adalah si kecil lebih condong untuk memasukkan ke mulut daripda dibuat main.

Demikianlah informasi seputar perkembangan bayi usia 5 bulan, semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan para orang tua. Harus saya tekankan bahwa anak memiliki tumbuh kembang masing-masin. Orang tua tidak dapat memaksakannya, anda cukup support si kecil.



0 komentar:

Posting Komentar