Referensi Hal Bermanfaat Untuk Pembaca

Tips Mencegah dan Mengobati Radang Tenggorokan

Susanti Blog - apakah anda pernah mengalami sakit pada tenggorokan ? biasa disebut dengan radang tenggorokan. Penyakit ini tidak kenal tua dan muda. Sakit radang tenggorokan biasa disebut dengan bahasa bulenya adalah Faringitis Streptokokus. Penyakit ini disebabkan oleh kuman yang bernama Streptokokus yang menginfeksi saluran pernafasan yaitu tenggorokan.

Mengobati Radang Tenggorokan

Sebisa mungkin kita menghindari penyakit ini, karena jika sudah kronis dapat berbahaya juga seperti penyakit lainnya. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengobati radang tenggorokan ? yuk simak artikel ini hingga selesai untuk tipsnya.

Cara Mencegah dan Mengobati Radang Tenggorokan

Tahukah anda jika mengobati radang tenggorokan itu sangat mudah, tidak perlu kedokter yang penting penanganannya tepat dan pantang makanan dan minuman yang dapat memicu peradangan pada tenggorokan. Begitu banyak cara untuk mengobati radang tenggorokan seperti dibawah ini :

  • Konsumsi minuman hangat dan makanan yang lunak

  • Hindari mengisap rokok atau mencium asap rokok

  • Berkumurlah dengan air garam atau obat kumur antiseptik

  • Perbanyak konsumsi air minum

  • Pasien dewasa bisa mengisap es batu atau permen pelega tenggorokan

  • Hindari minuman yang terlampau panas atau terlampau dingin sebab dapat mengakibatkan iritasi

  • Istirahat yang cukup, tergolong membatasi berkata untuk sementara

  • Ciptakan udara yang nyaman supaya tidak terlampau kering dan merangsang iritasi pada tenggorokan

  • Isap permen pelega tenggorokan atau permen biasa untuk menambah produksi air liur penangkal tenggorokan kering Hindari zat pemicu iritasi, laksana asap rokok

Apa saja cara mencegah sakit tenggorokan? Simak tips berikut ini untuk meminimalisir risiko infeksi yang dapat timbul setelah terjadi peradangan :

  1. Selalu cuci tangan dengan sabun secara teratur, apalagi anda baru saja memegang fasilitas umum. Usahakan untuk selalu membawa cairan antiseptik dalam perjalanan jauh.

  2. Hindari berbagi-bagi makanan, minuman, serta peralatan santap dan minum.

  3. Hindari asap rokok. Hindari sumber alergi atau iritasi yang bisa menjadi pemicu sakit tenggorokan, contohnya debu dan serbuk sari.

Itulah beberapa tips dalam mencegah dan juga mengobati jika telah mengalami sakit tenggorokan. Rajinlah melakukan hal hal yang ada diatas tersebut. Karena dapat membantu anda dalam menghindari penyakit radang tenggorokan. Namanya penyakit dapat datang kapan saja, yang penting kita sudah meminimalisir penyakit dengan cara pencegahan.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat berguna untuk anda yang saat ini sedang sakit radang tenggorokan atau mungkin hanya ingin mencegah penyakit ini.



0 komentar:

Posting Komentar